RSS
Hello! Welcome to this blog. You can replace this welcome note thru Layout->Edit Html. Hope you like this nice template converted from wordpress to blogger.

Sejarah perkembangan promosi kesehatan di indonesia


SEJARAH PERKEMBANGAN PROMOSI KESEHATAN DI INDONESIA


Pada tahun 1945-1965 sebelum di pakai istilah Promosi Kesehatan di gunakan istilah propaganda/ penerangan kesehatan dan kegiatannya yaitu berupa gerakan kebersihan, seperti ; kerja bakti, membersihkan rumah dan sekitar,dll. Pada periode ini juga Presiden Soekarno mengadakan kegiatan Penyemprotan Malaria, sehingga pada hari itu di jadikan hari Kesehatan Nasional. Dan hari iu jatuh pada tanggal 12 Nopember 1964 dan masih di peringati sampai sekarang. Pada periode ini banyak catatan – catatan penting tentang penyuluhan kesehatan di antaranya;didirikannya sekolah penyuluhan kesehatan di Magelang. Serta untuk menunjang kegiatan mulai di adakan media penyuluhan berupa FILM dan FOSTER terkenal 4 sehat 5 sempurna. Dan pada tahun 1969 lahirlah UU kesehatan.
Pada tahun 1965-1975 istilah yang di pakai yaitu Pendidikan Kesehatan Masyarakat dan pada periode ini lahirlah konsep PKMD (Pelayanan Kesehatan Masyarakat Desa)
Pada tahun 1975-1995, di kenal istilah Penyuluhan Kesehatan masyarakat dan pada periode ini di mulai penembangan pendekatan kesehatan masyarakat seperti; Polindes, Posyandu,dll.
Sedangkan pada tahun 1995 sampai sekarang, menggunakan istilah promosi kesehatan dan Konsep Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di kembangkan sebagai salah satu model Promosi Kesehatan . Pada periode ini di canangkan Gerakan Pembangunan berwawasan kesehatan oleh Presiden Habibie pada tanggal 1 Maret 1999. Serta di cetuskannya visi Indonesia sehat 2010.

1 komentar:

fahriana zami blog's mengatakan...

kekurangan dan kesalahan dalam penugasan ini harap di maklumi.. Namanya juga lagi berusaha,,hehhe

Poskan Komentar

 
Copyright 2009 Fahriana Zami. All rights reserved.
Free WordPress Themes Presented by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy